Sinergi Dalam Menyebarluaskan Informasi, Kanwil VI KPPU Makassar Kunjungi TVRI Sulawesi Selatan

Makassar (24/7/2019) Kepala Kantor Wilayah VI KPPU Makassar Hilman Pujana beserta jajarannya lakukan kunjungan ke TVRI Sulawesi Selatan, disambut baik dan langsung oleh Kepala Stasiun TVRI Sulawesi Selatan Sifak didampingi Kepala Bidang Berita Lukas Hanoksipakua dan Kepala Keuangan Syamsu.

“Kehadiran KPPU bagi kami merupakan suatu kebahagiaan tersendiri”, dikatakan Sifak. Sebab informasi yang akan disampaikan oleh KPPU bertujuan untuk kesejahteraan rakyat. Berita terkait KPPU dianggap sangat penting, sebab merupakan sumber informasi yang strategis, dimana KPPU bertugas menginternalisasikan prinsip persaingan usaha yang sehat dalam dunia usaha pada seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

TVRI senantiasa menyajikan berita yang terpercaya dengan penyampaian yang riil dan transparan, terlebih pada masa saat ini merupakan era ekonomi digital sehingga TVRI sebagai satu-satunya stasiun TV pemerintah harus bersaing ketat dengan stasiun TV swasta lainnya.

Dalam kunjungannya, Hilman Pujana menjelaskan bahwa KPPU merupakan lembaga negara independen, melakukan pengawasan perkembangan dunia usaha dan kebijakan yang melingkupinya serta perilaku usaha agar iklim pesaingan usaha dapat selaras dengan prinsip persaingan usaha yang sehat sesuai amanat UU No.5 Tahun 1999. “Tugas KPPU yaitu; penegakan hukum persaingan usaha, pemberian saran pertimbangan kepada pemerintah berkaitan dengan kebijakan yang mempengaruhi persaingan usaha serta melakukan pengawasan merger. Selain itu KPPU juga melakukan pengawasan kemitraan sesuai UU No.2 Tahun 2008 dan PP No.17 Tahun 2013”.

“Kerjasama dengan media sangat perlu, sebab kehadiran media mempunyai peranan yang cukup besar dalam membentuk opini publik”, ditambahkan oleh Hilman Pujana. Menurutnya, media dapat dijadikan edukasi yang efektif dalam mensosialisasikan budaya persaingan ke seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan perekonomian yang fair demi kesejahteaan rakyat.

Menanggapi hal tersebut, sifak menyampaikan, bahwa koordinasi dan kerjasama TVRI Sulsel dengan KPPU khususnya Kanwil VI Makassar selama ini sudah berjalan sangat baik sebab KPPU merupakan salah satu mitra terbaik TVRI. Diharapkan kedepannya kerjasama tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi dan dibuat sedemikian rupa dengan berbagai wadah seperti misalnya dialog isu-isu persaingan usaha tidak sehat baik lokal maupun nasional.