Advokasi Pengawasan Kemitraan terhadap Gapoktan Perkebunan Sawit Sulawesi Barat

KPPU Kanwil VI hadir sebagai salah satu pemateri dalam kegiatan “Temu Mitra” yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan (18/7), bertempat di Hotel d’Maleo, Mamuju, Sulawesi Barat.

Kegiatan Temu Mitra ditujukan untuk memberikan pemahaman yang cukup kepada para Gapoktan terkait dengan replanting Kelapa Sawit yang akan dimulai tahun ini, baik dari segi prosedur, permodalan, sampai dengan kemitraan. Dalam kegiatan tersebut hadir beberapa pembicara lain, yaitu Kementerian Koperasi dan UMKM, Dinas Perkebunan Prov. Sulbar, Lembaga Pengelola Dana Bergulir, Bank Negara Indonesia, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, Surfactant and Bioenergy Research IPB. Selain dihadiri oleh Gapoktan, peserta kegiatan ini juga berasal dari Dinas Perkebunan Kabupaten serta Dinas Koperasi dan UMKM di lingkungan Sulawesi Barat.

Dalam kegiatan tersebut, Yunan Andika Putra, selaku Kepala Bidang Kajian dan Advokasi, memaparkan tupoksi KPPU dalam melakukan pengawasan pelaksanaan perjanjian kemitraan dan pentingnya perjanjian kemitraan bagi para pihak yang bermitra. Dalam akhir paparannya telah ditegaskan “dengan momen replanting kelapa sawit ini, hubungan kemitraan wajib dituangkan dalam perjanjian tertulis karena merupakan perintah undang-undang, dengan begitu akan memperjelas batasan hak dan kewajiban dari masing-masing pihak serta mempermudah KPPU dalam melakukan pengawasan”. (yap)