Pemeriksaan Saksi dan Ahli pada Sidang Perkara KPPU terhadap Dugaan Persekongkolan pada 2 (dua) Paket Tender Jalan di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Pada hari selasa (18/6), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kembali menggelar 2 (dua) Sidang Pemeriksaan Lanjutan dengan agenda pemeriksaan Saksi dan Ahli bertempat di Ruang Sidang KPPU Kantor Wilayah VI Makassar.

Kedua perkara tersebut adalah Perkara No. 16/KPPU-I/2018 tentang Dugaan Pelanggaran Pasal 22 UU No. 5/1999 terkait Pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Bateballa-Jatia CS pada Satker Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Bantaeng Tahun Anggaran 2017. Dalam perkara yang menangani Dugaan Pelanggaran Pasal 22 UU No. 5/1999  dengan nilai HPS Rp. 44.413.000.000,-, dipimpin oleh Majelis Komisi yaitu Yudi Hidayat selaku Ketua Majelis, Dinni Melanie dan Guntur S. Saragih keduanya selaku Anggota Majelis. Sedangkan sidang perkara tersebut diikuti Investigator Penuntut, yaitu Birowo Karnan, dan Rumondang Nainggolan, dengan para Terlapor yang hadir adalah PT. Agung Perdana Bulukumba, PT. Yunita Putri Tunggal,  dan PT. Nurul Ilham Pratama.

selanjutnya, Perkara No. 17/KPPU-I/2018 tentang Dugaan Pelanggaran Pasal 22 UU No. 5/1999 terkait Tender Peningkatan Jalan Kampung Bakara-Sabbannyang pada Satker Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Bantaeng Tahun Anggaran 2018. Dalam perkara yang menangani Dugaan Pelanggaran Pasal 22 UU No. 5/1999  dengan nilai HPS Rp. 32.303.000.000,-, dipimpin oleh Majelis Komisi yaitu Dinni Melanie selaku Ketua Majelis, Yudi Hidayat dan Guntur S. Saragih keduanya selaku Anggota Majelis. Sedangkan sidang perkara tersebut diikuti Investigator Penuntut, yaitu Birowo Karnan dan Rumondang Nainggolan, dengan para Terlapor yang hadir adalah PT. Agung Perdana Bulukumba, PT. Yunita Putri Tunggal, dan PT. Nurul Ilham Pratama.

Dalam Sidang Perkara kali ini, Majelis Komisi memeriksa Saksi yang diajukan oleh Investigator, yaitu Pokja Pengadaan Barang dan Jasa pada Paket Pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Bateballa-Jatia CS pada Satker Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Bantaeng Tahun Anggaran 2017, Pokja Pengadaan Barang dan Jasa pada Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan Kampung Bakara-Sabbannyang pada Satker Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Bantaeng Tahun Anggaran 2018, Kepala Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bantaeng Periode 2017-2018. Pemeriksaan saksi tersebut dilakukan untuk mengetahui peranan LPSE dalam proses pelaksanaan tender dan melakukan verifikasi data pelelangan yang didapatkan oleh Investigator sedangkan pemeriksaan Pokja Pengadaan Barang dan Jasa dilakukan untuk mendalami kronologis dan proses pelaksanaan tender. Selain itu, Investigator juga menghadirkan Ahli pada bidang Teknologi dan Informasi dari STIMIK Dipanegara Makassar untuk memperoleh pendapat Ahli terkait dengan temuan Investigator dalam file dokumen penawaran para Terlapor yang memperkuat adanya dugaan persekongkolan dalam mengikuti tender. Mengakhiri sidang majelis komisi menyampaikan agenda selanjutnya adalah pemeriksaan Terlapor yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2019 bertempat di KPPU Kantor Wilayah VI Makassar. (yap)