Jelang Idhul Fitri 1440 H, Kanwil VI KPPU Sidak bersama Kapolda Sulsel

Mendekati hari Raya Lebaran Idul Fitri 1440 H, Tahun 2019, KPPU bersama Kapolda Sulsel, Bank Indonesia Perwakilan Sulampua, Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan serta instansi lainnya menggelar operasi pengendalian bahan pokok guna memantau harga pangan dan ketersediaan stok di Pasar Pa’Baeng Baeng Makassar.(Rabu, 29/5/2019)

Sidak kali ini, difokuskan kepada harga dan ketersediaan pasokan, biasanya menjelang Lebaran Idul Fitri jumlah pasokan berkurang dan tingginya harga komoditi di Pasar, sehingga kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi. “Harga saat ini masih terpantau stabil. Gejolak harga barang yang dianggap naik ternyata malah turun, seperti bawang merah naik sedikit, bawang putih turun begitu juga daging masih stabil. Namun untuk gula ada kenaikan, yang seharusnya Rp. 12.500 menjadi Rp. 13.000 s.d Rp. 15.000. Untuk kenaikan harga ini akan kami cek” Ucap Kapolda Sulsel Irjen Pol. Hamidin

“Dari dialog kita dengan pedagang, ada beberapa kunci yang kita temukan bahwa mereka mengambil tidak pada distributor, tapi mereka mengambil dari toko grosir, tentu itu akan berbeda. Namun apabila ada pihak pihak yang sengaja menaikkan harga gula maka akan kita lakukan tindakan” lanjut Kapolda Sulsel Irjen Pol. Hamidin.

Berdasarkan hasil pemantauan ketersediaan dan harga rata-rata komoditi masih stabil, ayam ras Rp. 28.000/Kg, daging sapi has Rp. 120.000/kg, telur ayam Rp. 43.000/kg. kondisi ini diharapkan dapat tetap terjaga hingga lebaran Idul Fitri usai.

Setelah dari Pasar Pa’Baeng Baeng, sidak dilanjutkan di Pasar Terong Makassar yang dipimpin oleh Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol. Yudhiawan. Harga komoditas bahan pangan dan jumlah pasokan terpantau lancer, bahkan salah satu distributor bawang putih di Pasar Terong menyatakan pasokan lancer dan setiap minggu melakukan pembelian sebanyak 5-7 kontainer bawang putih dari Surabaya. Harga bawang putih saat ini Rp 26ribu/kg dan didistribusikan juga kepada pedagang besar yang berasal dari Palu, Manado, dan sebagainya.

Untuk itu, masyarakat dihimbau agar tidak panik dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran Tahun ini dengan cara tidak membeli bahan pangan melebihi kebutuhan, karena KPPU bersama Satgas Pangan akan bekerja sama mengamankan stok dan jalur distribusi komoditas pangan di Sulsel. (dkm)