Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019

Sebagai salah satu instansi yang tergabung dalam Satgas Ketahanan Pangan Sulawesi Selatan, KPPU Kanwil VI hadir dalam Apel Gelar Pasukan Kesiapan Operasional Ketupat- 2019 dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H (28/5), bertempat di Lapangan Karebosi Makassar.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Irjen Pol Hamidin selaku Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) sulawesi Selatan, sekaligus sebagai Pembina Upacara. Apel yang diikuti juga oleh Personil TNI, Polri, Instansi Pemerintah diawali dengan pemeriksaan personil oleh Pembina Upacara dan dilanjutkan dengan Amanat Pembina Upacara. Dalam amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dibacakan Kapolda Sulsel, disebutkan jika operasi ketupat 2019 akan berlangsung selama 13 hari yakni mulai 29 Mei hingga 10 Juni dengan melibatkan 173.397 personil gabungan.

Kapolri mengingatkan jika dalam operasi ketupat ini, ada empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai yakni masalah stabilitas harga dan ketersediaan pangan, kelancaran dan keselamatan arus mudik dan lebaran Idul Fitri, Potensi bencana alam dan gangguan Kamtibmas serta ancaman tindak pidana terorisme. “Rencana operasi disusun melalui serangkaian evaluasi terhadap pelaksanaan operasi ramadaniya 2018 disertai analisa potensi gangguan kamtibmas di tahun 2019,” kata Irjen Hamidin saat membacakan amanat.

Apel ditutup dengan penyematan pita tanda operasi secara simbolis oleh kapolda kepada perwakilan personil yang akan melaksanakan tugas dalam Operasi Ketupat 2019. (yap)