Antusias Mahasiswa Universitas Atmajaya Dalam Sosialisasi Ilmu Hukum Persaingan Usaha

“UU persaingan usaha dengan UU perlindungan konsumen di Indonesia dibedakan, untuk persaingan usaha tidak sehat diatur dalam UU No. 5 Tahun 1999 sedangkan untuk Perlindungan Konsumen di atur melalui UU No. 8 Tahun 1999”, ujar Aru Armando dalam mengawali kegiatan Sosialisasi tentang ilmu hukum persaingan usaha dihadapan para mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Atmajaya, kegiatan ini berlangsung di Makassar, Selasa (16/04/2019).

Disini, sangat terlihat jelas antusias dari mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tersebut, sebab selama ini hukum persaingan usaha yang diajarkan masih tergabung dengan ilmu hukum, sehingga mahasiswa masih belum memahami detail terkait persaingan usaha. Turut hadir pula dalam kesempatan ini Wencislaus Sirjon Nansi, Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Atmajaya.

“Hukum persaingan usaha dan hukum perlindungan konsumen merupakan dua hal yang saling berhubungan dan saling mendukung”, kata Aru. Harga murah, kualitas tinggi dan pelayanan yang baik merupakan hal pokok bagi konsumen dan persaingan usaha yang sehat merupakan cara yang terbaik untuk menjamin kesejahteraan konsumen.

“Sejak berdiri KPPU Tahun 2000 hingga kini, telah banyak perkara yang telah ditangani dan perkara-perkara tersebut khususnya kartel telah banyak bmerugikan konsumen rakyat Indonesia hingga mencapai angka triliun rupiah. Adapun kasus kartel yang pernah ditangani KPPU antara lain; kartel penetapan layanan SMS, kartel bawang putih, kartel ban kendaraan roda empat dan kartel perdagangan sapi impor.

“Selain itu hukum persaingan usaha di masa yang akan datang semakin dibutuhkan oleh berbagai stakeholder dalam menjawab tantangan dunia usaha yang semakin berkembang”, ucap Aru. Hukum persaingan usaha menjadi salah satu bidang ilmu yang menarik dan menantang, karena menggabungkan ilmu ekonomi dan ilmu hukum.

Menutup kegiatan Wencislaus, menghaturkan ucapan terima kasih kepada pihak KPD KPPU Makassar yang telah berkenan menggelar Sosialisasi di Universitas Atmajaya Makassar. “Kedepannya kami sangat berharap dapat melakukan penelitian di KPPU berkaitan dengan hukum persaingan usaha sehingga dapat menambah khasanah keilmuan bagi mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum”, tandasnya. (dt)