Penanaman Prinsip Persaingan dan Kemitraan Sehat di Kabupaten Morowali Utara

Dalam rangka internalisasi prinsip persaingan usaha dan nilai-nilai kemitraan yang sehat, pada hari Kamis (21/3), KPPU Kantor Perwakilan Daerah Makassar telah melakukan Sosialisasi dan Advokasi Peran KPPU dalam Pembangunan Perekonomian Daerah bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali Utara.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas OPD Kabupaten Morowali Utara tersebut, dipimpin oleh Musda Guntur, selaku Sekretaris Daerah, yang menyampaikan kegiatan ini tercipta atas koordinasi intens antara Dinas Perindag Koperasi dan UMKM dengan KPPU KPD Makassar sehingga perlu KPPU hadir di Morowali Utara untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada para aparatur pemerintah terkait dengan pengawasan persaingan usaha dan kemitraan karena kegiatan usaha unggulan disini adalah perkebunan sawit dan pertambangan.

Dalam pemaparannya, Aru Armando, selaku Kepala KPD Makassar, telah menyampaikan tugas dan fungsi KPPU serta peranannya baik dalam mengawal implementasi UU No. 5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat serta UU No. 20/2008 tentang UMKM. Menyambut pembukaan dari Sekda sebelumnya, saat ini Ketua KPPU memang menginstruksikan untuk melakukan telaah terkait ketentuan dari Kementerian ATR/BPN terkait perkebunan sawit. Sementara, untuk sektor pertambangan, koordinasi antara KPD Makassar dengan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara akan dilakukan lebih intens lagi untuk menggali permasalahan terkait dengan pola kemitraan di sektor tersebut.

Sekda menyambut baik pernyataan Kepala KPD Makassar yang akan menaruh perhatian besar pada peningkatan perekonomian di Morowali Utara melalui pengawasan baik dari sisi persaingan usaha maupun kemitraan UMKM-nya. Pesan terakhir dari Musda Guntur dan telah diamini oleh Aru Armando agar KPPU KPD Makassar dapat senantiasa memberikan pendampingan terhadap penyusunan ranperda atau kebijakan daerah yang bersinggungan dengan dunia usaha.(yap)