KPD Makassar Gelar Kuliah Umum Persaingan Usaha Kepada Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa

Rabu (27/02/2019) Sebagai upaya menginternalisasikan nilai-nilai persaingan usaha sehat kepada mahasiswa terutama Fakultas Ekonomi, KPD KPPU Makassar bekerjasama dengan Universitas Bosowa (Unibos) menyelenggarakan Kuliah Umum dihadapan 180 orang mahasiswa, bertempat di ruang aksa mahmud lt.9 Unibos, menghadirkan pembicara Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Makassar Aru Armando. Kegiatan tersebut sangat disambut baik dan positif oleh A.Arifuddin selaku Dekan Fakultas Ekonomi guna peningkatan pemahaman tentang UU yang mengatur persaingan usaha.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi, A.Arifuddin. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Aru Armando.

“Kegiatan ini menjadi momen penting untuk mempelajari lebih dalam mengenai hukum persaingan usaha, diharapkan melalui kuliah umum dan sosialisasi yang dilakukan oleh KPPU ini dapat menambah wawasan para mahasiswa sehingga dapat mengenal lebih dekat dan paham lagi seputar Komisi Pengawasan Persaingan Usaha” ujar A.Arifuudin mengawali sambutannya.

Aru menegaskan bahwa KPPU merupakan lembaga independen dalam mengawasi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Artinya, dalam menjalankan tugsasnya, KPPU tidak bisa diinterfensi oleh siapapun. ”Jadi KPPU sering disebut Quasi Judicial Power karena memiliki kewenangan untuk memeriksa dan memutus suatu putusan Hukum atas tindakan/perjanjian yang melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999,” tegasnya.

Aru juga menambahkan bahwa hukum persaingan usaha merupakan perpaduan antara disiplin ilmu hukum dan ekonomi. KPPU memiliki tugas untuk melakukan advokasi dan kebijakan penegakan hukum termasuk juga dalam berbagai aktivitas persaingan usaha sehingga berjalan sehat. “Jadi prinsip – prinsip persaingan usaha yang sehat akan berdampak pada banyak manfaat  terhadap perekonomian”, kata Aru.(dt)