Pemantauan Harga Bahan Pokok Menjelang Natal dan Tahun Baru

Dalam menghadapai Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Polda Sulsel, KPPU KPD Makassar, dan Bank Indonesia Perwakilan Sulampua, melakukan pemantauan harga bahan pokok (6/12), bertempat di Pasar Terong dan Lotte Mart Panakukkang Makassar.

Dalam kegiatan tersebut Yudhiawan, selaku Direktur Reskrimsus Polda Sulsel menyampaikan kegiatan pemantauan harga bahan pokok dilakukan menghadapi natal dan tahun baru. Secara keseluruhan harga bahan pokok masih dalam taraf normal hanya telur dan daging ayam yang masih tinggi tetapi akan tetap dipantau sampai selesainya tahun baru.

Dari sisi KPPU, Aru Armando, selaku Kepala KPD Makassar, menyampaika pemantauan harga merupakan langkah awal dari berbagai instansi yang tergabung dalam satgas pangan termasuk KPPU untuk bergerak bersama sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Dalam pantauan sampai minggu ini hanya harga ayam dan telur masih cukup tinggi yang merupakan imbas dari maulid nabi yang dirayakan masyarakat Sulsel dimana permintaan kedua bahan pokok tersebut sangat tinggi. Kami menghimbau kepada para pedagang agar jangan sampai rugi tetapi jangan sampai juga mengambil keuntungan yang eksesif dengan memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dwityapoetra selaku Direktur Bank Indonesia Sulampua, kegiatan ini adalah bentuk kerjasama Tim Pengendali Inflasi dan Satgas Pangan untuk memastikan tidak ada kenaikan harga bahan pokok yang tidak wajar sehingga masyarakat menjalankan Natal dan merayakan Tahun Baru dengan lancar. (yap)