Menjaga Distribusi Pupuk Tepat Sasaran

Dalam menjalankan fungsi pengawasannya, KPPU bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel, telah menggelar sosialisasi bertajuk pengawasan pola distribusi pupuk bersubsidi (4/12), bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel, Makassar.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para perwakilan produsen pupuk beserta para distributornya, Kepala Dinas Perdagangan, Hadi Basalamah menyampaikan adanya pembentukan Asosiasi Distributor Pupuk Indonesia di Sulawesi Selatan sebagai tindaklanjut dari instruksi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri. Pembentukan Asosiasi tersebut diharapkan menjadi mitra pemerintah untuk mempermudah pengawasan dalam tata niaga Dan distribusi pupuk.

Kepala KPD Makassar, Aru Armando, dalam pemaparannya menyampaikan mendukung terbentuknya Asosiasi dengan batasan yang jelas, dikarenakan dalam beberapa perkara di KPPU ditemukan adanya peran aktif Asosiasi dalam terciptanya Kartel. Aru menegaskan data produksi dan harga merupakan 2 hal krusial yang menjadi perhatian anggota Asosiasi jangan sampai aktivias dalam kegiatan Asosiasi mengarah pada terbentuknya praktek Kartel.(yap)