Mendorong Wirausahawan Muda Untuk Lebih Memahami Perjanjian Kemitraan

Makassar, Salah satu kewenangan yang dimiliki KPPU adalah melakukan pengawasan pelaksanaan perjanjian kemitraan, KPD KPPU Makassar pada hari Senin, 17 Desember 2018 telah melakukan sosialisasi mengenai “Meningkatkan Kemitraan Yang Adil Antara Pelaku Usaha Besar dengan Pelaku UMKM”. Kegiatan ini mengundang Komunitas Tangan Di Atas (TDA) yang beranggotakan para pelaku UMKM, khususnya pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di Kota Makassar.

Kepala KPD KPPU Makassar, Aru Armando menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota TDA Makassar yang bersedia hadir dan secara singkat menjelaskan mengenai KPPU sebagai lembaga yang dibentuk berdasarkan UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Aru juga menjelaskan salah satu kewenangan KPPU adalah melakukan pengawasan perjanjian kemitraan dan Anggota TDA yang sebagian besar pelaku usaha mikro dan kecil harus mengetahui kewenangan tersebut, agar terlindungi dalam melakukan kemitraan dengan pelaku usaha menengah dan pelaku usaha besar.

“Apabila kita melihat definisi kemitraan yang ada didalam Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah, definisi sederhananya adalah kerjasama yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dengan pelaku usaha menengah dan pelaku usaha besar, yaitu kerja sama yang saling menguntungkan, kerjasama saling mengembangkan dan saling membesarkan”, ungkap Aru.

Biasanya pelaku usaha besar melakukan kemitraan dengan membentuk pelaku usaha kecil dibawahnya dengan tujuan untuk memperoleh fasilitas dari pemerintah yaitu keringanan pajak dan kemudahan pemberian kredit bagi pelaku usaha mikro dan pelaku usaha kecil, perilaku inilah yang disebut sebagai kemitraan semu dan dilarang oleh PP No. 17 Tahun 2013.

Perilaku lainnya yang dilarang adalah penguasaan yang dilakukan oleh pelaku usaha menengah dan pelaku usaha besar kepada pelaku usaha mikro dan pelaku usaha kecil, contoh konkritnya adalah term of payment dimana pembayaran yang dilakukan oleh pelaku usaha besar kepada pelaku umkm memakan jangka waktu yang lama, bahkan ada yang mencapai dua bulan.

Sementara itu, Koordinator TDA Kota Makassar, Iqra menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPD KPPU Makassar yang telah menyelenggarakan sosialisasi ini, dari sekitar 200 anggota TDA yang aktif dan sekitar 300-an simpatisan, dimana 80 persen diantaranya merupakan pelaku UMKM yang belum mengetahui kewenangan KPPU dalam melakukan pengawasan kemitraan. (cda)