KPD KPPU Makassar-Pemrov Sulsel Jalin Sinergi Dalam Internalisasi Nilai Dan Prinsip Persaingan Usaha Sehat Di Sulsel

Rabu, 10 Oktober 2018, bertempat diruang kerja Gubernur Sulawesi Selatan, Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Makassar Aru Armando berkesempatan melakukan Audiensi dengan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Adapun kehadiran KPPU sangat disambut baik dan positif oleh Nurdin Abdullah.

Pada kesempatan tersebut, Aru menyampaikan terkait tugas, fungsi dan kewenangan KPPU dalam upaya penegakan UU No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Dalam melaksanakan kewenangannya, KPPU mempunyai 2 tugas pokok yaitu penegakan hukum persaingan usaha dan pemberian saran dan pertimbangan kepada Pemerintah berkaitan dengan Kebijakan yang mempengaruhi persaingan usaha dalam bentuk kajian proses pembentukan peraturan, evaluasi kebijakan, atau rekomendasi diberlakukannya kebijakan. Apabila ditemukan kebijakan yang bertentangan dengan prinsip persaingan usaha yang sehat, maka KPPU akan memberikan saran pertimbangan dengan substansi perbaikan.

“Audiensi ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan advokasi, agar setiap kebijakan dan peraturan yang nantinya dikeluarkan sesuai dengan prinsip persaingan usaha yang sehat, selain itu hal ini terkait sebagai wujud implementasi kerjasama KPPU dengan Pemrov Sulsel”, ujar Aru.

“KPPU diharapkan lebih intens melakukan sosialisasi sebagai upaya warning khususnya kepada pemerintah daerah agar pelanggaran UU hukum persaingan usaha khususnya dalam hal yang tekait dengan pengadaan barang/jasa dapat dicegah sejak awal”, tutur Nurdin.

Dikatakan Nurdin, sinergi antar lembaga pemerintah sangat penting agar program dengan realisasi berjalan dengan selaras. Kami, Pemrov Sulsel dengan tajuk kepeminpinan yang baru berupaya akan senantiasa memegang prinsip melakukan pemerataan kesejahteraan pada seluruh level, sehingga tidak hanya dapat dinikmati oleh para pelaku usaha saja namun dapat dinikmati juga oleh masyarakat. Selain itu kami juga tidak akan luput akan terus berupaya melakukan antisipasi agar tidak terjadi pelanggaran persaingan usaha. (dt)

“Mari kita bersama-sama (KPPU – Pemrov Sulsel) memperbaiki sistem iklim usaha tanpa melanggar aturan ataupun kebijakan yang telah berlaku, hal ini dalam rangka agar tercipta iklim usaha yang kondusif dan berdaya saing tinggi”, ucap Nurdin. Beliau juga berharap peran aktif KPPU dalam mengawal setiap program-program yang dijalankan oleh Pemrov Sulsel, terutama dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.