Antusias mahasiswa FH Sawerigading mengikuti Kuliah Umum Hukum Persaingan Usaha

“Hukum yang mengatur persaingan usaha dalam kegiatan ekonomi dan bisnis sangat diperlukan semua pihak, agar tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan”, dikatakan oleh Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Makassar, Aru Armando, dalam mengawali Kuliah Umum yang digelar oleh KPD KPPU Makassar kepada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sawerigading, bertempat di gedung keuangan negara II, Senin, 22 Oktober 2018. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Hukum Universitas Sawerigading, Asmah.

Dijelaskan oleh Aru, “Seiring dengan Era Reformasi, telah terjadi perubahan yang mendasar dalam bidang hukum ekonomi dan bisnis, yang ditandai antara lain dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, yang umumnya pada negara lain disebut Undang-Undang Antimonopoli”.

UU No.5 Tahun 1999 telah diatur sejumlah larangan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha yang tidak sehat lainnya, dengan harapan dapat memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan yang sama kepada setiap pelaku usaha atau sekelompok pelaku usaha dalam berusaha.
“Dengan adanya larangan ini, pelaku usaha atau sekelompok pelaku usaha dapat bersaing secara wajar dan sehat, serta tidak merugikan masyarakat banyak dalam berusaha, sehingga pada gilirannya penguasaan pasar yang terjadi timbul secara kompetitif”, tuturnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada KPPU yang telah bersedia menerima Universitas Sawerigading untuk dapat menimba ilmu pengetahuan yang lebih mendalam”, dikatakan Asmah. Kegiatan ini kami lakukan secara rutin dengan dasar bahwa mata kuliah hukum persaingan usaha di kampus kami merupakan mata kuliah wajib, dan hukum persaingan usaha ini berbeda dengan hukum perlindungan konsumen. Untuk itu perlu peningkatan pemahaman yang lebih mendalam tentang KPPU dan hukum persaingan usaha. Sehingga selanjutnya ada mahasiswa yang akan tertarik melakukan program magang ataupun melakukan penelitian di KPPU.(dt)