Lebih Dekat Mengenal KPPU Melalui Program Magang

Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar telah melaksanakan program magang selama kurun waktu 1 (satu) bulan di KPD KPPU Makassar sejak Pertengahan Juli 2018 lalu. Mereka sangat antusias untuk mempelajari lebih mendalam tentang hukum persaingan usaha. Program magang merupakan salah satu kegiatan internship yang diselenggarakan oleh KPD KPPU Makassar, bertujuan untuk mengenalkan kepada para mahasiswa tentang ilmu hukum persaingan usaha baik dari sisi teori maupun praktek, dikatakan oleh Aru Armando disela-sela perpisahan dengan para mahasiswa UIN yang telah menyelesaikan program magang di KPD KPPU Makassar pada Senin 27 Agustus 2018.

Dikatakan juga bahwa diharapkan dengan berbekal ilmu pengetahuan yang telah diberikan oleh KPPU selama ini, para mahasiswa dapat lebih memahami pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan KPPU dalam mengemban amanat UU No.5 Tahun 1999 khususnya di wilayah kerja KPD Makassar yang meliputi seluruh Sulawesi, Maluku sampai Papua, ujar Aru.

Selama program magang ini, para mahasiswa pun dilibatkan langsung dalam kegiatan-kegiatan KPD Makassar seperti; survey harga komoditas pangan di pasar tradisional, ikut serta aktif dalam penyelenggaraan sosialisasi secara outdoor maupun sosialisasi tentang pengawasan kemitraan, selain itu mereka pun dapat menyaksikan langsung bagaimana pelaksanaan Sidang Majelis Perkara. Sedangkan untuk segi materi yang diajarkan meliputi kegiatan penegakan hukum (tata cara penanganan laporan baik yang bersumber dari hasil klarifikasi laporan maupun penelitian inisiatif), pencegahan (tehnik analisa regulasi, reviu peraturan atau kebijakan daerah, dan tugas pengawasan kemitraan) dan kehumasan (penyelenggaraan sosialisasi, forum jurnalis dan lainnya). Khusus untuk kegiatan penegakan hukum para mahasiswa ini tidak banyak diikutsertakan disebabkan mengingat faktor kerahasiaan yang harus dijaga.

Ucapan terima kasih pun turut disampaikan kepada para mahasiswa magang atas segala partisipasinya selama ini, sebab menurut Aru, mahasiswa merupakan aset yang sangat berharga yang dimiliki bangsa ini. Diharapkan para generasi muda ini melalui ilmu pemahamannya, mereka dapat menjadi media pengenalan dan penerapan prinsip persaingan usaha sehat di lingkungan kampus maupun bekal masa depan mereka nantinya apabila memasuki dunia kerja. Minimal dapat menceritakan pengetahuan dan pengalaman mereka selama magang di KPPU kepada keluarga dan/atau lingkungan terdekatnya. Segenap jajaran KPD KPPU Makassar juga memberikan ucapan selamat dan semoga para mahasiswa ini sukses di jenjang karir berikutnya.

“Dari pihak UIN Makassar juga menghaturkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada KPD KPPU Makassar yang telah bersedia menerima kehadiran mahasiswanya untuk melakukan program magang guna untuk memperoleh ilmu hukum persaingan usaha secara lebih mendalam sebagai bekal mereka untuk kehidupan yang lebih baik kedepan dan tentunya diharapkan ilmu tersebut dapat diaplikasikan pada dunia nyata sehingga berguna bagi bangsa dan negara,” diucapkan Ashar selaku dosen pembimbing.(dt)