KPPU Makassar Pantau Harga Daging Ayam Dan Telur Ayam Di Pasar Terong Makassar

“Harga ayam saat ini Rp 38 ribu per ekor untuk ukuran 1,1-1,2 kg dan harga telur berkisar Rp 42 ribu sampai Rp 45 ribu per rak, stabil seperti yang kami pantau menjelang lebaran” urai Aru Armando, Kepala KPD KPPU Makassar pada sidak harga daging ayam dan telur ayam di Pasar Terong Makassar, hari Jum’at, 27 Juli 2018.

Sidak ini merupakan rangkaian kegiatan KPPU yang dilakukan serentak secara nasional, berkaitan dengan pemantauan lonjakan harga daging ayam dan telur ayam. Di Sulawesi Selatan sendiri, harga kedua komoditas ini sudah mulai berangsur turun, sebagai akibat intervensi yang dilakukan Pemerintah, KPPU dan satgas pangan yang meminta kepada perusahaan integrator untuk menurunkan harga daging ayam.

Sementara itu, harga telur ayam sudah mulai berangsur turun dikarenakan produksi sudah mulai normal kembali, setelah pada awal bulan Juli 2018 sempat menurun akibat permintaan yang tinggi, bencana banjir yang melanda di sekitar sentra produksi telur di Kabupaten Sidrap.

Aru juga menambahkan bahwa Kenaikan harga daging ayam dikarenakan adanya pengurangan grand parents stock pada tahun 2016 berakibat berkurangnya parents stock serta doc dan puncaknya berimbas pada tahun ini, ditambah juga dengan kenaikan harga pakan ayam.

Gemala Fauza, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mengadakan pasar murah khusus daging ayam, sebagai tindak lanjut dari program pemerintah untuk menurunkan harga daging ayam. Kegiatan ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan dan bekerja sama dengan produsen daging ayam untuk terus memasok dengan harga Rp 27 ribu per kg.

“Hari ini pasar murah diadakan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan dan akan dibuat dibeberapa titik di Kota Makassar”, urai Gemala. (cda)