Kebutuhan Data Yang Valid Bagi Penelitian KPPU

Pada hari Rabu tanggal 4 Juli 2018 bertempat di Kantor BPS Sulawesi Selatan, tim dari KPPU Makassar yang diwakili oleh Charisma Desta Ardiansyah selaku Kepala Bagian Pencegahan KPD Makassar, didampingi oleh Rahmansah dan Muhammad Furqan Amansyah selaku staf KPD Makassar melakukan diskusi dengan Kepala Bidang Sosial BPS Provinsi Sulawesi Selatan Faharuddin sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang telah terjalin antara KPPU dengan BPS, salah satunya dalam pertukaran informasi dan data.

Charisma menyampaikan bahwa peranan BPS sangat penting dalam menyediakan data statistik berdasarkan hasil sensus. Data yang diperoleh tersebut sangat penting untuk kebutuhan KPPU dalam melakukan kegiatan penelitian terkait kegiatan perekonomian di suatu daerah.

“Data statistik dari BPS Sulsel merupakan sumber informasi penting, disamping data dan informasi yang dimiliki oleh KPPU sebagai bahan kajian maupun penelitian terhadap sektor industri unggulan di daerah”, urai Charisma.

Faharuddin, Kepala Bidang Sosial BPS Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa salah satu tugas BPS adalah menyediakan data bagi pemerintah dan masyarakat yang diperoleh dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri maupun data dari lembaga pemerintahana lainnya sebagai data sekunder.

Data statistik dari BPS akan diolah kembali oleh pemerintah sesuai dengan tingkat kebutuhannya, misalnya data penduduk miskin, data sensus ekonomi dan sebagainya. Dalam melakukan sensus, BPS dapat melakukannya setiap beberapa tahun sekali, sehingga setiap tahunnya data tersebut dapat diperbaharui oleh pemerintah.

“BPS memberikan ruang bagi pemerintah untuk update data statistik setiap tahunnya, sesuai kebutuhan pemerintah”, ungkap Faharuddin. (rmh)