Jelang Idul Fitri, Harga Daging Sapi di RPH Manggala Kota Makassar Terpantau Stabil

Minggu dini hari, 3 Juni 2018, Kepala KPPU Makassar, Aru Armando  bersama Tedy Arif Budiman Asisten Direktur Bidang Komunikasi dan Kebijakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulsel dan Muhammad Lutfie Nugraha Direktur Operasional Perusahaan Daerah Rumah Pemotongan Hewan (PD RPH) Manggala Kota Makassar melakukan sidak pasokan dan harga daging sapi jelang Hari Raya Idul Fitri.

Lutfie mengungkapkan, bahwa Bulan Ramadhan ini, RPH Manggala melakukan pemotongan antara 70-80 ekor sapi setiap harinya dan diprediksi akan meningkat pada H-3 yang mencapai 300 ekor sapi per hari. Puncaknya pada H-2, RPH Manggala dapat melakukan pemotongan sapi mencapai 500 ekor per hari. Bahkan pengusaha potong berkomitmen menyiapkan cadangan 100 ekor sapi, sebagai antisipasi apabila tiba-tiba ada peningkatan permintaan daging sapi.

Aru menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini belum ada kendala dari sisi harga dan kendala dari sisi pasokan yang dapat mengakibatkan melonjaknya harga daging sapi di RPH Manggala Makassar. Adapun harga di tingkat RPH mencapai Rp 95 ribu per kilogram dan merupakan harga yang normal seperti hari biasanya.

“Historisnya harga daging sapi akan naik sekitar Rp 3 ribu rupiah perkilogram dan menjadi Rp 98 ribu pada H-3 sampai H-3 menjelang Idul Fitri di tingkat RPH Manggala Kota Makassar dan ditingkat pedagang akhir harga dapat mencapai antara Rp 110 ribu sampai Rp 115 ribu per kilogram”, ungkap Aru.

Tidak hanya melakukan survey pasokan dan harga daging sapi di Kota Makassar, KPPU juga melakukan survey di 10 Kabupaten/Kota di Sulsel dan hasilnya harga daging sapi terpantau stabil dikisaran harga Rp 95 ribu sampai Rp 100 ribu perkilogramnya.(cda)