Fungsi Pencegahan KPD KPPU Makassar Gandeng Pemkab Mamuju

Jumat (22/06/2018) Selain menerima dan menangani perkara persaingan usaha akibat dari adanya pelangaran UU No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, KPPU juga melakukan pencegahan”, dikatakan oleh Kasubag TU KPD Makassar Dahliana bersama Tim Investigator Hasiholan dan Mansur pada pertemuan langsung dengan Bupati Mamuju Drs.H.Habsi Wahid, M.M di ruang kerja kantor Bupati Mamuju.

Dalam prolognya Dahliana menyampaikan bahwa KPPU senantiasa bersinergi dan menjalin kerjasama dengan Pemda. Upaya pencegahan yang dilakukan oleh KPD KPPU Makassar ini dalam rangka untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran kegiatan usaha agar tercipta persaingan usaha yang sehat, sebab KPPU senantiasa berperan aktif dalam mengawal implementasi UU No.5 Tahun 1999 baik di pusat maupun di daerah.

Koordinasi yang dilakukan KPD KPPU Makassar dengan Pemerintah daerah Kabupaten Mamuju adalah sebagai salah satu wujud implementasi kerjasama antara KPPU dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Sebagaimana diketahui Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menandatangani Nota Kesepahaman dengan KPPU. Adapun kerjasama KPPU dengan Pemdasalah satu diantaranya adalahKPPU dapat memberikan masukan terkait regulasi kebijakan persaingan sehat kepada pihak Pemerintah daerah dalam pembuatan Perda atau aturan lainnya.

“Kami selaku Pemerintah daerah Kabupaten Mamuju sangat menyambut baik dan positif langkah KPPU yang senantiasa melakukan upaya preventif, tidak hanya melakukan proses penegakan hukum,” dikatakan Habsi Wahid. Beliau juga menyampaikan, kedepannya diharapkan terwujud peningkatan hubungan baik antara KPPU dengan Pemerintah daerah Kabupaten Mamuju yang berjalan efektif sehingga pemahaman UU No.5 Tahun 1999 dapat semakin baik. (dt)