Sinergitas Antar Lembaga Dalam Satgas Pangan

Menjelang Bulan Ramadhan 2018, Aru Armando, Kepala KPD Makassar bersama Yunan Andika Putra, Kepala Bagian Pencegahan KPD Makassar, dan Hasiholan Pasaribu, Investigator KPD Makassar, menghadiri rapat koordinasi Ketahanan Pangan yang diselenggarakan oleh Satgas Pangan Polda Sulsel.

Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Mei 2018, di Ruang Rapat Pimpinan Polda Sulsel turut dihadiri oleh Yudhiawan selaku Direktur Reserse Kriminal Khusus, Hadi Basalamah selaku Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Dindin Syamsuddin selaku Kepala Bulog Divre Sulawesi Selatan dan perwakilan dari Rumah Potong Hewan, serta beberapa perwakilan dari instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar.

Rapat terbatas ini bertujuan melakukan identifikasi awal kondisi komoditas pangan yang dipetakan masing-masing instansi sehingga dapat merumuskan tindakan yang akan dilakukan oleh satgas pangan dalam rangka melakukan stabilisasi harga dan menjaga pasokan komoditas tersebut menjelang bulan Ramadhan tahun 2018. Hal ini didasari pada hasil rangkaian kegiatan yang intensif dilakukan oleh satgas pada tahun 2017 yang dinilai berhasil mengendalikan harga dan pasokan selama bulan Ramadhan dan menghadapi lebaran.

Dalam rapat tersebut telah dibahas terkait dengan kondisi stok komoditas pangan yang rata-rata ketahanannya sampai dengan beberapa bulan kedepan, pemetaan jalur distribusi terhadap komoditas pangan yang rutin menyumbang inflasi setiap tahunnya di bulan Ramadhan, serta agenda sidak dan rapat koordinasi satgas pangan.

Untuk itu, seluruh anggota satgas pangan dihimbau untuk tetap melakukan koordinasi demi menciptakan sinergitas, sehingga rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2018 dapat memberikan hasil yang tepat guna dan tepat sasaran. Apabila terjadi indikasi yang kuat kearah pidana atau kartel yang menjadi sebab kenaikan harga atau kelangkaan pasokan komoditas pangan di Sulawesi Selatan, maka Polda Sulawesi Selatan maupun dari KPPU akan akan siap mem-backup dari segi penegakan hukumnya. (ybc)