Satgas Pangan Tingkatkan Koordinasi Jelang Bulan Ramadhan dan Lebaran Tahun 2018

Menjelang bulan Ramadhan, beberapa komoditas pangan di beberapa daerah mengalami peningkatan harga diantaranya daging ayam dan telur ayam. Untuk itu, Satgas Pangan melakukan video conference dengan Satgas Pangan daerah di seluruh Indonesia, salah satunya dengan satgas pangan Sulsel yang dipimpin oleh Kombes Pol Yudhiawan Wibisono, Ditreskimsus Polda Sulsel.

Kegiatan yang dilangsungkan pada hari Rabu, 16 Mei 2018, di Ruang video conference Polda Sulsel turut mengundang Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel, BPOM, Dinas Pertanian Sulsel, Dinas Peternakan Sulsel, KPPU KPD Makassar, Bulog Divre Sulselbar, dan perwakilan instansi lainnya.
Tujuan diselenggarakan kegiatan ini, sebagai langkah koordinasi terhadap seluruh satgas pangan di pusat dan daerah, agar stok dan harga pangan selama bulan Ramadhan dan Lebaran tahun 2018 dapat terkendali.

Kepala Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto yang memimpin rapat koordinasi dari Mabes Polri menyampaikan kepada seluruh Satgas Pangan di daerah untuk aktif memantau stok dan distribusi pangan di wilayah kerja masing-masing. Apabila ada indikasi kelangkaan dan kenaikan harga yang signifikan, maka satgas pangan harus meneliti dan bila ditemukan pelanggaran hukum, harus segera ditindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Sementara itu Gopprera Panggabean, Direktur Penindakan KPPU menyampaikan bahwa KPPU turut mengawasi pergerakan harga dan stok pangan, terutama daging ayam dan telur ayam yang mengalami kenaikan. Fokus KPPU yaitu mengawasi perilaku pelaku usaha agar tidak melakukan pengaturan produksi dan pemasaran dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan berlebih, karena hal tersebut masuk kedalam kategori kartel.
Gopprera juga menambahkan saat ini harga daging ayam ditingkat peternak juga mengalami kenaikan menjadi Rp 20 ribu per kilogram, sehingga harga ditingkat konsumen bisa mencapai Rp 30 ribu oer kilogramnya.

Setelah video conference dengan seluruh satgas usai, Kombes Pol Yudhiawan meminta kepada satgas pangan di wilayah Sulsel, untuk aktif turun kelapangan dan menyampaikan kondisi terkini terkait ketersediaan stok dan distribusi pangan di daerah masing-masing. Disamping itu, kepada seluruh anggota satgas pangan Sulsel diminta untuk terus berokoordinasi dalam rangka pengawasan komoditas pangan, agar tidak terjadi kelangkaan dan pengaturan yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk memperoleh keuntungan yang besar dengan cara merugikan masyarakat.(cda)