Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Menjelang Bulan Ramadhan dan Lebaran Tahun 2018

Pentingnya sinergisitas antar lembaga dalam menghadapi Ramadhan dan Lebaran Tahun 2018, terungkap dalam Rapat Kooordinasi Lintas Sektoral yang diselenggarakan oleh Polda Sulsel. “Ramadhan dan Lebaran 2018, momen yang sangat penting, tidak hanya bagi umat Islam tetapi bagi seluruh rakyat Indonesia karena hampir bersamaan dengan agenda Pilkada serentak”, ungkap  Kepala Polda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono di Makassar pada hari Selasa, 8 Mei 2018.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kodam XIV Hasanuddin, KPD KPPU Makassar, seluruh Polres se Sulawesi Selatan, dan berbagai perwakilan dari instansi pemerintah tidak hanya membahas terkait keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi dibarengi oleh diskusi panel dengan pembicara Yunan Andika Putera selaku Kepala Bagian Penegakan Hukum KPD Makassar, Gemala Faoza, Kepala Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Didi, Kepala Operasi Ditreskrimsus Polda Sulsel.

Yunan menyampaikan bahwa menjelang Ramadhan dan Lebaran biasanya harga komoditas pangan turut melambung, sehingga perlu dipantau oleh seluruh pemangku kepentingan. Apabila harga kebutuhan pangan melonjak tinggi perlu dicermati terlebih dahulu, apakah kenaikan harga tersebut dikarenakan tingginya permintaan dan kurangnya pasokan atau karena ada upaya pihak tertentu yang sengaja mengatur pasokan bahan kebutuhan pangan sehingga menyebabkan barang langka dan harga melonjak tinggi, hal tersebut dapat dikategorikan sebagai upaya kartel dan KPPU akan menindak hal tersebut.

Gemala menyampaikan bahwa stok pangan di Sulsel mencukupi hingga beberapa bulan kedepan, misalnya beras, stoknya cukup hingga 17 bulan kedepan, stok gula pasir sampai dengan 2 bulan, tepung terigu mencapai 3,2 bulan, minyak gorengsampai 2,1 bulan, daging sapi sampai dengan 3,2 bulan, daging ayam sampai 3,9 bulan, dan telur ayam ras mencapai 3 bulan.

Sementara itu, Didi, Kepala Operasi Ditreskrimsus Polda Sulsel siap bekerja sama dengan semua pihak, termasuk dengan KPPU dalam menjaga distribusi bahan pangan dan mencegah terjadinya kartel pangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.(cda)