Operasi Pasar Bersama DPR RI dan Satgas Pangan

1Dalam rangka melakukan identifikasi gejolak harga komoditas pangan, Yunan Andika Putra, Kepala Bagian Penegakan Hukum, beserta dengan Hasiholan Pasaribu, Mansur dan Waode Dwi Rahayu selaku Investigator bersama dengan Komisi VI DPR RI dan Satgas Pangan melakukan operasi pasar bertempat di Pasar terong Makassar.

Rombongan Komisi VI yang terdiri dari Adang Daradjatun, Azzam Asman Natawijana, Mustofa Assegaf, dan Wasista Bambang Utoyo didampingi oleh Tautoto selaku Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Muh Yasir selaku Sekretaris Daerah Kota Makassar, Hadi Basalamah selaku Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Lusiana Gobel selaku Wakil Kepala Bulog Divre Sulsel dan Satgas Pangan yang diwakili oleh Amiruddin selaku Kanit Industri dan Perdagangan Direskrimsus Polda Sulsel serta dihadiri juga oleh dan beberapa pejabat instansi terkait lainnya.

Dalam operasi pasar tersebut seluruh rombongan langsung melakukan peninjauan ke pedagang telur dan beras di Pasar Terong. Kedua komoditas tersebut memang menjadi perhatian penting bagi anggota DPR dikarenakan fluktuasinya yang cepat pada komoditas telur dan masih berpotensinya beras menjadi penyumbang inflasi pada Ramadhan tahun ini. Selain terkait dengan harga, rombongan juga menanyakan jalur distribusinya yang memang telur yang berdedar di Kota Makassar berasal dari sentra penghasil di Kabupaten Sidrap. Selanjutnya terkait dengan beras, para pedagang sudah menyediakan beras Bulog tetapi diakui oleh para pedagang beras tersebut memang kurang diminati oleh para konsumen yang lebih memilih beras premium dengan label kepala atau mawar.(yap)