Audiensi KPD KPPU Dengan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi

Jumat(18/5/2018) bertempat di Manado Kepala KPD KPPU Makassar Aru Armando melakukan Audiensi dengan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi, diterima langsung oleh Dr. Flora Pricilia Kalalo selaku Dekan yang didampingi oleh Dekan I, Dekan II, Dekan III dan para dosen dengan kualifikasi bidang akademik masing-masing ilmu.

Audiensi ini dilakukan sehubungan adanya perubahan pimpinan di KPPU, salah satunya Kepala KPD Makassar termasuk juga telah terpilihnya Komisioner KPPU RI periode 2018-2013, sehingga perlu dilakukan koordinasi kembali dan silatuhrahmi kedua belah pihak. Selain itu koordinasi ini dilakukan dalam rangka pembahasan tindak lanjut Kerjasama antara KPPU dengan Universitas Sam Ratulangi. “Diharapkan kerja sama tersebut tidak hanya dituangkan dalam bentuk tertulis, namun harus ada wujud implementasinya berupa pelaksanaan kegiatan penelitian, sosialisasi, advokasi, program magang mahasiswa dan forum dosen persaingan usaha nasional agar kedua belah pihak memperoleh benefit”, ujarAru.

Secara singkat Aru Armando juga menjelaskan bahwa peluang kerja pada hokum persaingan usaha di Indonesia cukup besar dengan tantangan bahwa masih kurangnya orang yang berminat berkonsentrasi pada ilmu hokum tersebut, selain itu kondisi perekonomian dan tantangan dunia usaha semakin berkembang pesat. Pada sisi lain, Hukum Persaingan Usaha menjadi salah satu bidang ilmu yang menarik dan menantang sebab menggabungkan ilmu ekonomi dan ilmu hukum.

Fakultas Hukum sangat menyambut baik koordinasi yang dilakukan oleh KPD KPPU Makassar. “Sebaiknya selain MoU antara KPPU dengan Rektorat Universitas Sam Ratulangi yang telah ada dilakukan reviu wujud pengimplementasiannya. Jika dimungkinkan juga seharusnya dibuat Perjanjian Kerjasama dengan pihak Fakultas sama seperti yang dilakukan oleh lembaga penegak hokum lainnya, sebab Fakultas Hukum yang banyak berhubungan dan bersinergi selama ini dengan KPPU”, dikatakan oleh Flora Pricilia Kalalo. Adapun implementasi kerjasama yang telah diberikan oleh Fakultas Hukum selama ini berupa fasilitas peminjaman ruangan beserta perlengkapannya untuk melakukan pemeriksaan dan sidang majelis perkara yang dilakukanoleh KPPU serta perbantuan tenaga-tenaga ahli yakni dosen sesuai bidang jika dibutuhkan.

Adapun terkait mata kuliah Hukum Persaingan Usaha, belum masuk dalam mata kuliah umum di Fakultas Hukum. Namun ilmu hokum persaingan ini tetap diajarkan kepada para mahasiswa melalui sub bidang mata kuliah hukum acara dan hukum ekonomi, dikatakan oleh Wakil Dekan I DR. Ralfie Pinasang yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.(dt)