Audiensi KPD KPPU Dengan Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi

Kepala KPD KPPU Makassar Aru Armando melakukan Audiensi dengan Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi, diterima langsung oleh Dr.Herman Karamoy, kegiatan ini berlangsung di Manado, Jumat (18/05/2018).

“Apresiasi untuk kinerja KPPU beberapa waktu belakangan ini khususnya dalam pemberantasan masalah kartel termasuk juga dalam mengungkap peredaran gula rafinasi di pasar, telah banyak memutuskan bersalah atas dugaan praktek monopoli dan praktek kartel yang dilakukan oleh pelaku usaha”, dikatakan oleh Dr. Herman Karamoy dalam sambutannya.

Aru Armando menyampaikan bahwa ada perubahan pimpinan di KPPU, termasuk juga telah terpilihnya Komisioner KPPU RI periode 2018-2013, sehingga perlu dilakukan koordinasi kembali dengan pihak kampus. KPPU bermaksud melakukan beberapa kegiatan sebagai wujud implementasi kerjasama antara KPPU dengan Universitas Sam Ratulangi yakni berupa penyelenggaraan sosialisasi dan advokasi bidang pendidikan hukum persaingan usaha melalui kuliah umum kepada para mahasiswa serta penyelenggaraan pertemuan forum dosen secara nasional. Diharapkan dengan kerjasama yang telah ada selama ini masing-masing pihak akan saling membantu dalam melaksanakan berbagai program yang menyangkut pendidikan, advokasi, dan penegakan hokum persaingan usaha, melihat peran perguruan tinggi sangat penting dalam menanamkan, mensosialisasikan, dan mengimplementasikan nilai-nilai persaingan usaha baik di tingkat lokal, nasional, dan global. KPPU memang secara konstitusional bertugas mengawasi persaingan usaha, namun peran pengawasan tersebut kurang efektif tanpa dukungan stakeholder yang salah satunya adalah dunia akademis. Dunia akademis seperti Universitas memegang peranan penting dalam mendukung upaya penciptaan iklim persaingan karena di samping merupakan sentra pengembangan keilmuan khususnya persaingan usaha, kampus juga merupakan  pusat pembentukan karakter mahasiswa yang pada masa mendatangakan menjadi komunitas baru hukum persaingan.

Menanggapi hal tersebut, DR.Herman Karamoy menyampaikan bahwa akan senantiasa mendukung peran KPPU dalam menjalan tugas, fungsi dan kewenangannya dalam mewujudkan persaingan usaha yang sehat demi pertumbuhan ekonomi yang adil sehingga muara akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat. “Pihak kampus akan selalu siap membantu KPPU”, ujar beliau. (dt)