Sinergi KPD Makassar Dengan Dinas Koperasi dan UMKM se Sulteng

KPD Makassar senantiasa bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam menjaring informasi mengenai potensi adanya kegiatan kemitraan di daerah. Hal ini terungkap dalam Sosialisasi Persaingan Usaha “Peran KPPU Dalam Pengawasan Kemitraan” yang diselenggarakan bersama Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah, di Kota Palu, 20 April 2018.

Kamser Lumbaradja, Wakil Ketua KPPU, sekaligus sebagai narasumber mengatakan bahwa pengawasan kemitraan merupakan kewenangan yang dimiliki KPPU berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008 jo PP No. 17 Tahun 2013 dan juga sebagai salah satu alat KPPU untuk mengawasi kerja sama antara pelaku usaha besar dengan pelaku umkm, maupun pelaku usaha menengah dengan pelaku usaha mikro dan kecil.

“Berdasarkan data BPS Tahun 2009, pelaku usaha besar atau konglomerat di Indonesia hanya terdiri dari 0,01 % dari keseluruhan populasi pelaku usaha pada saat itu, untuk itu sudah menjadi tugas KPPU dan pemerintah untuk mengawasi pelaksanaan pola kemitraan yang ada saat ini”, urai Kamser dihadapan peserta sosialisasi yang terdiri dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota se Sulteng.

Sayangnya hingga saat ini, belum banyak kerja sama kemitraan yang dituangkan ke dalam perjanjian. Sejatinya dalam perjanjian kemitraan hak dan kewajiban masing-masing pihak berada pada posisi yang sebanding. Dengan perjanjian kemitraan, diharapkan dapat mereduksi atau menghilangkan perilaku penyalahgunaan posisi tawar terhadap pelaku umkm.

Oleh karenanya, sudah menjadi tugas KPPU untuk mengawasi pelaksanaan kemitraan agar tidak terjadi penguasaan usaha mikro, kecil, dan menengah oleh usaha besar, maupun penguasaan yang dilakukan oleh usaha menengah terhadap usaha mikro dan kecil.

“KPPU tidak dapat melakukan pengawasan pelaksanaan kemitraan tanpa koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait di daerah, untuk itu melalui sosialisasi ini, mari kita bekerja sama untuk memajukan pelaku umkm di Indonesia, khususnya di Sulteng”, tutup Kamser. (cda)