KPD KPPU Makassar Turut Partisipasi Dalam Rangka Visitasi Akreditasi Aun-Qa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin

Rabu, 28 Februari 2018. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam menjalankan tugas dan wewenangnya banyak melakukan kerjasama dengan institusi lain, diantaranya dengan Universitas Hasanuddin. Kerjasama antara KPPU dengan Unhas telah ditandai dengan Penandatangan MoU atau perjanjian kerjasama untuk saling memberikan kontribusi positif pada masing-masing Institusi. Salah satu bentuk implementasi tersebut adalah keterlibatan KPD KPPU Makassar memenuhi undangan Fakultas Hukum Unhas untuk berpartisipasi dalam rangka visitasi akreditas Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA) terhadap Program Studi S1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

KPPU diundang sebagai salah satu peserta pengguna lulusan (employer) Fakultas Hukum Unhas. Kegiatan wawancara yang bertempat di Fakultas Hukum Unhas ini juga dihadiri oleh beberapa Institusi yaitu Kejagung, Pengadilan Negeri Sungguminasa, Pemprov Sulsel, Kanwil Hukum & HAM, Notaris, Kejaksaan Tinggi, Pelindo IV, BNI, BRI, PT. Asuransi Bumi Putra dan juga Peradi Sulsel.

Sebelum dimulai kegiatan interview oleh Tim assessor AUN-QA, Aru Armando selaku Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Makassar diterima oleh Farida Patittingi selaku Dekan Fakultas Hukum Unhas di ruang Dekanat. Farida menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan KPD KPPU Makassar hadir sebagai salah satu peserta wawancara lulusan dalam rangka visitasi AUN-QA dan berharap partisipasi KPPU selaku pengguna alumni bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas Fakultas Hukum Unhas dan juga akreditas Fakultas.

Menanggapi pernyataan Dekan Fakultas Hukum Unhas, Aru menyampaikan bahwa alumni Unhas memiliki konstribusi besar di KPPU. Salah satu contohnya, KPPU dua kali dipimpin oleh alumni Unhas, termasuk yang saat ini menjabat sebagai Ketua KPPU yaitu Syarkawi Rauf begitu pula kontribusi positif diperlihatkan oleh alumni unhas yang menjadi staf di KPPU.

Wawancara lulusan kemudian dilaksanakan di ruang Video Conference (Vicon) Fakultas Hukum Unhas oleh Tim Assesor AUN-QA yang berasal dari Malaysia dan Thailand. Tim Assesor menanyakan beberapa hal terkait dengan kualitas dan kontribusi alumni fakultas hukum yang menjadi staf/ pegawai di institusi yang menjadi peserta wawancara.