KPD KPPU Makassar Selenggarakan Kuliah Umum di Universitas Muslim Indonesia Kota Makassar

KPD KPPU Makassar menyelenggarakan kuliah umum hukum persaingan usaha di Ruang Aula Hijaz Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia, Kota Makassar. Acara yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum, turut menghadirkan Aru Armando sebagai Kepala KPD KPPU Makassar, sekaligus pemateri kuliah umum yang diselenggarakan pada hari Rabu, 7 Maret 2018.

Kamal Hidjaz, Wakil Dekan III Fakultas Hukum, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada kinerja KPPU yang konsisten mengawal UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, juga menyampaikan ucapan terima kasih karena telah memberikan ilmu yang bermanfaat. Tidak lupa juga berpesan kepada mahasiswa, agar meningkatkan pemahaman tentang ilmu hukum persaingan usaha dan mengambil manfaat yang sebanyak-banyaknya dari kuliah umum ini.

Dalam paparannya, Aru menyampaikan bahwa adanya persaingan akan membuat pelaku usaha berinovasi dalam menghasilkan produk barang dan jasa, mengelola usahanya dengan efisien, dan pada akhirnya menyediakan beragam kualitas produk barang dan jasa, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

“Untuk melaksanakan tugasnya, KPPU diberikan kewenangan untuk menyelidik, memeriksa dan memutuskan pelanggaran persaingan usaha tidak sehat yang dilakukan oleh pelaku usaha, memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah, pengendalian merger dan akuisisi, hingga kewenangan pengawasan kemitraan”, urai Aru.

Tidak hanya kuliah umum, KPPU juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penelitian mengenai hukum persaingan usaha, dan berharap nantinya akan ada lulusan dari UMI yang menjadi profesional dalam bidang persaingan.