Forum Jurnalis, “Manjaga Kestabilan Harga Pangan dan Pasokan Pangan Menjelang Ramadhan Tahun 2018”

Harga komoditas pangan yang terjaga dan kelancaran pasokan pangan perlu dilakukan oleh berbagai pihak, baik pemerintah, DPR, Bank Indonesia, atau pihak lainnya, termasuk media cetak dan elektronik. Hal ini terungkap pada saat acara Forum Jurnalis dengan tema “Menjaga Kestabilan Harga Pangan dan Pasokan Pangan Menjelang Ramadhan 2018” di Warkop Press Corner, pada Jum’at malam, 9 Maret 2018.

Forum Jurnalis yang diinisiasi oleh KPD KPPU Makassar turut menghadirkan pembicara Syarkawi Rauf, Ketua KPPU, Amir Uskara, Anggota Komisi XI DPR RI, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso, serta akademisi dan rekan jurnalis di Makassar.

Syarkawi menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya koordinasi antar institusi dalam menjaga ketersediaan pasokan dan harga pangan yang stabil menjelang Ramadhan 2018. Mengingat Ramadhan tahun lalu, KPPU bersama-sama institusi lainnya berhasil mengontrol ketersediaan pangan sehingga harga di pasaran relatif stabil.

“Harga pangan yang relatif stabil pada Ramadhan Tahun 2017, merupakan yang terbaik dalam kurun waktu 8 tahun terakhir. Kondisi tersebut diharapkan dapat dipertahankan pada bulan Ramadhan Tahun ini”, ungkap Syarkawi.

Amir Uskara dalam kesempatannya menyampaikan bahwa DPR selalu mendukung upaya pemerintah dan Bank Indonesia dalam melakukan pengendalian inflasi. Apabila ada pelaku usaha yang melakukan pengaturan harga dan pasokan komoditas pangan pada saat Ramadhan, maka hal itu diserahkan kepada KPPU untuk dilakukan tindakan sesuai kewenangan yang dimiliki.

Sementara itu, Bambang Kusmiarso menyampaikan apresiasinya telah diundang oleh KPPU dalam forum ini, karena menurutnya data di Bank Indonesia tidak untuk konsumsi internal BI, tetapi juga untuk didiskusikan agar bisa dievaluasi.(mbc)