Internalisasi Prinsip Persaingan Usaha di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unkhair

IMG-20180209-WA0008Ternate, Jum’at pagi ini (9/2/2018) KPPU menyelenggarakan kuliah umum dihadapan Dekan, dosen, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun. Acara yang dihadiri oleh Wakil Ketua KPPU, Kamser Lumbanradja dan R. Kurnia Sya’rani selaku Komisioner KPPU, Taufik Ahmad selaku Deputi Pencegahan, Kebijakan, dan Advokasi, serta Aru Armando selaku Kepala Kantor Perwakilan KPPU Makassar.

Abdullah Wajir, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair dalam sambutannya mengucapkan apresiasi bagi KPPU yang bersedia menyelenggarakan kuliah umum mengenai UU No 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, sebagai kampus yang menyebarkan kebaikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair senantiasa mengikuti perkembangan menambah keilmuan mengenai persaingan usaha yang sehat.

Kamser Lumbanradja pun menambahkan bahwa akademisi sebagai mitra KPPU harus selalu berbenah dan meningkatkan keilmuan, salah satunya dengan pemberian materi perkuliahan mengenai persaingan usaha. Kedepannya, diharapkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair dapat menyusun silabus persaingan usaha untuk menambah kelimuan bagi mahasiswanya.

Sementara itu, R. Kurnia Sya’rani dalam pemaparannya menyampaikan ilmu ekonomi pembangunan dan ilmu hukum tidak dapat dipisahkan dalam menangani perkara persaingan usaha tidak sehat. Analisa Teori ekonomi merupakan bukti tidak langsung adanya perilaku kartel, monopoli, monopsoni, posisi dominan, dan sebagainya sesuai dengan yang terdapat didalam UU No. 5 Tahun 1999.

IMG-20180209-WA0104KPD Makassar selalu bersedia menerima rekan dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian karya ilmiah, “meskipun Ternate dan Makassar tidak dekat, tetapi civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair dapat memanfaatkan media daring maupun surat elektronik untuk melakukan penelitian mengenai persaingan usaha, dan kami akan selalu membantu”, ungkap Aru Armando.(cda)