Bersama Mentan, KPPU Hadiri Pelaksanaan Panen Jagung dan Ekspor Jagung Ke Filipina

 

artikel jagung 1Gorontalo, Hari Rabu, 14 Februari 2018, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman  bersama Syarkawi Rauf, Ketua KPPU berkesempatan melakukan panen jagung di Desa Dunggala, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, dan sekaligus ekspor 57.650 ton jagung ke Filipina. Turut dalam rombongan Aru Armando, Kepala KPD KPPU Makassar yang didampingi Yunan Andika Putra sebagai Kepala Bagian Penegakan Hukum, Waode Dwi Rahayu, serta segenap jajaran SKPD Pemerintah Provinsi Gorontalo.

artikel jagung 2Amran Sulaiman mengapresiasi usaha pemerintah daerah dari tingkat kabupaten sampai provinsi yang berusaha untuk meningkatkan produktifitas petani jagung di Gorontalo, sehingga berhasil melakukan ekspor jagung sebanyak  1,5 juta ton ke Filipina. Berkat usaha ini, akhirnya Indonesia tidak lagi mengimpor 3,6 juta ton jagung  yang mencapai 10 Triliun Rupiah. Tak lupa Amran Sulaiman berpesan kepada seluruh pihak untuk mendukung dan mempercepat proses perizinan ekspor, sehingga pengiriman tepat waktu sesuai jadwal.

Sementara itu, Syarkawi Rauf, menyampaikan seluruh pihak harus bekerja sama dan terus memantau proses distribusi pangan di Indonesia, khususnya juga di Gorontalo, agar terbebas dari praktek kartel serta persaingan usaha tidak sehat sesuai amanat UU No. 5 Tahun 1999.