Cegah Praktek Monopoli, KPPU Makassar Audiensi Pemkab Luwu

RAPAT BANG RAMLIDalam upaya pencegahan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat Kepala KPD KPPU Makassar Ramli Simanjuntak melakukan audiensi dengan H. Amru Saher Wakil Bupati Luwu bertempat dikantor Hupati Luwu pada hari Selasa tanggal 17 Januari 2017. selain itu dilakukan pula pemberian advokasi dan edukasi tentang prinsip dan nilai-nilai persaingan usaha yang sehat sesuai dengan UU No.5 Tahun 1999 kepada SKPD Pemerintah daerah Kab.Luwu. hadir dalam kesempatan tersebut Ahyar Kasim Kepala Bagian Hukum, Rakhmat Arifuddin Kepala Bagian Ekonomi, Hj.Wahida Kepala Dinas Perdagangan, Moh.Arsal Kepala Bappeda dan Anwar Usman Plt.Kepada Dinas Kominfo.

Selain dua tugas pokok KPPU yakni penegakan hukum persaingan usaha dan pemberian saran kebijakan kepada pemerintah, KPPU juga mengemban tugas sebagai pengawas kemitraan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, ujar Ramli. Beliau juga menambahkan, KPPU memantau dan monitoring harga dan rantai pemasaran kebutuhan pokok dan komoditi lainnya.

“Saat ini kami ingin membangun daerah dan berupaya melakukan pemerataan kesejahteraan masyarakat dalam rangka melaksanakan agenda pemerintahan tanpa ada yang melanggar hukum terlebih karena Luwu termasuk daerah yang memiliki potensi untuk menjadi daerah yang berkembang dengan adanya Sumber Daya Alam yang cukup potensial”, Amru Saher menuturkan. Sehingga sinergi dengan KPPU sangat diperlukan menginta tantangan terbesar yang dihadapi saat ini adalah terkait infrastruktur. Untuk itu, Pemerintah daerah akan selalu mendorong agar prinsip dan nilai-nilai persaingan usaha yang sehat dapat diterapkan diseluruh lini (dt).