Sinergi KPD KPPU Makassar Dengan BPK Provinsi Sulawesi Selatan

Makassar (21/11) Bertempat di kantor BPK Prov.Sulawesi Selatan Jalan A.P.Pettarani, diterima langsung dan disambut baik oleh Andi K.Lologau selaku Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Prov.Sulsel, Kepala Kantor Perwakilan Daerah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar Ramli Simanjuntak melakukan kunjungan kerja dalam rangka Audiensi dengan Kepala BPK Prov.Sulsel, hal tersebut berkaitan dengan implementasi MoU antara BPK RI dengan KPPU RI.

Kerjasama ini meliputi pertukaran informasi, penggunaan tenaga ahli, pendidikan dan pelatihan, sosialisasi dan pengembangan sistem informasi, sehingga nantinya dapat saling memberikan informasi dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara serta pencegahan dan penanganan perkara dugaan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat. Paling banyak sinergi kedepannya adalah dalam hal pengadaan barang/jasa sebab 80% kasus yang ditangani oleh KPPU persekongkolan dalam tender. Jika ada kerugian negara, disinilah inti sinergitas antara KPPU dengan BPK, dijelaskan Ramli Simanjuntak. Dan ditegaskan bahwa KPPU senantiasa dan rutin melakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi dan advokasi tentang prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat jangan sampai terjadi persekongkolan kepada pemerintah daerah, asosiasi dan pelaku usaha, namun jika praktek monopoli atau indikasi persekongkolan tersebut tetap dilakukan maka KPPU tidak akan segan untuk melakukan proses penegakan hukum sesuai dengan UU No.5 Tahun 1999.

“Saya yakin KPPU telah mempunyai data tentang perusahaan yang melakukan praktek monopoli, jika ada persekongkolan dilakukan, maka harga kontrak tidak dapat dipertanggungjawabkanā€¯ ujar Andi K.Lologau. Apabila harga satu jenis barang diubah maka otomatis harga penawarannya akan naik dan mengikuti. Untuk itu kami setuju apabila MoU tersebut dapat bermanfaat bagi penyelamatan keuangan negara dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Ramli Simanjungtak juga menyampaikan, diharapkan kedepannya dengan MoU dan saling bersinergi dengan BPK Prov.Sulsel dapat mempermudah KPPU dalam melaksanakan pemeriksaan Perkara khususnya yang berkaitan dengan penggunaan keuangan negara sehingga memudahkan menjalankan tugas dan kewenangannya untuk menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat (dt).