KPPU Resmikan Pojok Persaingan Usaha di Universitas Hasanuddin

DSC_6514Menyikapi kebutuhan akan kajian / penelitian terkait isu persaingan usaha, hari ini (Jum’at, 9 September 2016) KPPU telah meresmikan Pojok Persaingan Usaha di Universitas Hasanuddin Makassar.

Pojok Persaingan Usaha diresmikan langsung oleh Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu selaku Rektor Universitas Hasanuddin dan Syarkawi Rauf, selaku Ketua KPPU, yang juga dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan, Dosen dan para Pimpinan Struktural KPPU.

Dalam peresmian tersebut Syarkawi menyampaikan bahwa kajian persaingan relatif baru di Indonesia sehingga pendirian Pojok Kompetisi di 7 Universitas terbaik di Indonesia dan Universitas Hasanuddin adalah salah satu dari yang terbaik, diharapkan mampu mendorong dan membangun pusat-pusat kajian persaingan di Indonesia dan kedepannya akan linked dengan universitas lain di ASEAN yang ada dalam komunitas persaingan.

Lebih lanjut, “Peresmian Pojok Kompetisi di Universitas Hasanuddin adalah titik awal dari upaya KPPU membangun Komunitas Persaingan di Universitas Hasanuddin untuk meningkatkan awareness bagi civitas akademika bahwa untuk mencapai daya saing ekonomi yang tinggi harus mendorong peningkatan kompetisi dalam dunia usaha” tegas Syarkawi.

Senada dengan Syarkawi, dalam sambutannya, Dwia menjelaskan Pojok Persaingan Usaha merupakan bentuk komitmen Universitas Hasanuddin dan KPPU mendorong terciptanya iklim persaingan usaha yang sehat.
“Pojok ini merupakan wadah yang benar-benar bermanfaat untuk menggerakkan civitas akademika melakukan kajian, penelitian, tukar pikiran, dan ikut berperan dalam mengawasi dan mengamati aktivitas usaha” tutur Dwia.

Kegiatan peresmian Pojok Persaingan Usaha tersebut kemudian dirangkaikan dengan kegiatan Kuliah Umum yang disampaikan oleh Komisioner KPPU Nawir Messi dan Tresna P. Soemardi, dengan audien para dosen dan mahasiswa dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin sebagai upaya edukasi dalam menginternalisasi prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat pada civitas akademika. (YAP)